Welcome..!!!

Welcome To Gitche Yanti Malayani's Blog - Don't Forget to Comment And Share

Wednesday, March 25, 2015

Positif vs Negatif

Gw mau cerita salah satu cerita gw di SLAPUR. Yang pasti tentang anak SMA! Nah waktu gw dan alumni yang lain disana, setiap jam kelas pagi kami akan buka sesi konseling. Bukan konseling pernikahan tapi sesi curhat-mencurhat. Kami buka sesi ini bebas, untuk semua yang mau curhat. Karna kami ada beberapa orang, maka kami juga buka beberapa ruang konseling salah satunya ke gw. Kan cita-cita jadi psikolog, tapi kayanya belum lulus deh. Maksud gw ternyata jadi psikolog itu gak segampang yang gw bayangkan.

Nah, antrilah beberapa orang yang mau curhat dan kebetulan ada cowo anak SMA kelas 1 yang minta ke gw. Tadinya sih gw gak berharap ada yang curhat ke gw, niat gw kan Tepe-tepe alias tebar pesona *hehehehehe*. Tapi seneng juga ada yang mau curhat ke gw. Baiklah gw kasih tau namanya. Mereka berdua yang satu namanya Christian Dave kelas 10B, yang satu lagi Jerry kelas 10C. Yang satu pendiem dan yang satu bawel. Yang satu coklat mateng yang satu putih (yaiyalah dia kan keturunan cina - bukan rasis yah... :D :D). *aniwei tiba-tiba lagu yang keputer dilaptop gw adalah lagunya Adera - Terlambat*.

Nah setelah kenalan mulailah perbincangan kami yaitu keluhan - keluhan mereka di Slapur ini. Dan namanya juga bawel, jadilah dia mulai ngomong panjang lebar tentang semua hal yang dia ga suka. Yang satu lagi diem aja mendengarkan dengan baik tapi bikin gw jadi awkward sendiri karna ternyata dia ada di antara orang bawel *hahahahaha*. Tapi sesekali gw juga ajak dia ngobrol biar gak berasa di cuekin. Nah si Jerry yang pendiem ini ternyata cukup bijak. Gak kaya si Dave ini. Intinya mereka ini berlawanan. Jadi ketika si Dave menceritakan soal keluhannya dan si Jerry akan mengubahnya menjadi sebuah pelajaran.

Akhirnya dengan bijak gw bilang : "Nah, masih adakan hal positif dari semua keluhanmu...? Gimana kalo gw kasih tugas. Catet 10 hal negatif yang lo temuin disini terus lihat dari sisi positif nya dan catet. Jadi lo harus bisa ngerubah hal negatif itu jadi hal positif! Kaya si Jerry ini...". Kemudian dia mulai protes karna dikasih tugas kaya gitu. Nah biar adil jadi gw suruh dua-duanya. Tapi terjadilah tawar menawar di antara kami karna katanya 10 kebanyakan.  Setelah kami tawar menawar selama hampir 5 menit dan kami deal di angka 5. Jadilah 5 untuk hal negatif yang bisa di lihat sebagai hal positif.

Nih gw lampirkan hasil tugas mereka :


Kalo yang ini punya si pendiem dan bijak  Jerry Kadja..

Yang ini jelas punya si bawel tapi penurut (meski protes dulu) Christian Dave..

See, dari hal ini gw belajar bahwa setiap hal yang kita anggap negatif pasti punya banyak pelajaran yang bisa kita petik. Setelah gw terima tugas mereka gw jadi terenyuh. Seandainya setiap anak-anak bisa melihat semua hal dari sisi positifnya. Semua yang mereka anggap beban berat atau masalah bisa jadi hal positif buat mereka sendiri.

Makasih yah Jerry and Dave yang udah mau kerjain tugas dari kaka. I really appreciate it.
Semangat yah kalian berdua disana. ;D

No comments:

Post a Comment

Leave your comment here..^^