Welcome..!!!

Welcome To Gitche Yanti Malayani's Blog - Don't Forget to Comment And Share

Wednesday, December 31, 2014

Tahun Baru

Apa sih yang paling penting dari tahun baru itu?
"Baju baru? Sepatu baru? Kantor baru? Kerjaan baru? atau Pacar baru?"
Dulu buat gw, tahun baru berarti stok baju akan nambah. Karna biasanya nyokap beliin minimal 1 baju baru tiap mendekati akhir tahun buat di pakai di malam tahun baru. Betapa senangnya gw tiap tahun. Dan baju itu akan menjadi baju kesayangan gw selama tahun itu *maksud gw sampe ada baju yang baru lagi*.

Kemudian, tahun baru itu adalah moment dimana kita bisa menikmati pesta kembang api dari yang paling mewah sampai sederhana namun tetap mengagumkan. Biasanya tahun baru adalah saat yang paling gw tunggu, karna mengingat umur gw akan bertambah lagi gak lama setelah tahun baru itu. Yah, dulu memang gw pengen cepat-cepat menjadi dewasa, bertambah umur dan dipandang sebagai seorang wanita. Bukan cuma sekedar anak perempuan.


Tahun baru itu juga saat dimana gw mengingat dan memimpikan apa yang pengen gw capai selama satu tahun itu. Tapi percaya deh, it's not really work. *hahahaha*. Terbayang juga tentang orang-orang baru yang akan gw kenal di tahun depannya. Yah, semua bayang-bayang tentang tahun depan itu sebenarnya agak menggusarkan. Tapi karna dulu gw masih hidup dalam tanggungan orang tua, jadi semuanya terlihat baik-baik saja.

 Lalu, seiring berjalannya waktu, umur ini sudah beranjak menua. Dan secara jiwa pun sudah bertambah dewasa. Munculnya tanggung jawab yang beriringan dengan bertambahnya usia, membuat tahun baru itu terlihat berbeda. Bukan lagi sekedar baju baru, atau sepatu baru.
tapi tentang pandangan baru, sudut pandang yang berbeda, cara berpikir yang baru yang di tuntut oleh dunia dan lingkungan. Memang terlihat menyeramkan, tapi itulah makna tahun baru yang sesungguhnya.

Gw gak bisa bilang kalau tahun baru ini akan baik-baik saja. Akan ada orang yang mengurusnya, gw hanya tinggal menjalani saja. Gak! Sekarang gak se simple itu, gw akan banyak menemui persimpangan yang dimana gw dipaksa untuk memilih jalan itu sendiri. Gw akan menentukan banyak hal sendiri. Dan tentu saja semua konsekuensi nya pun akan gw hadapin sendiri.

Apapun yang terjadi di hidup gw skarang adalah menjadi tanggung jawab gw sendiri. Jadi sekarang itulah makna tahun baru. Bukan hanya sekedar barang baru, tapi lebih dari itu tanggung jawab baru.

Selamat Tahun Baru... :D :D

Unconditional Love - A Mother


" Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, Ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.."
Aku pernah merasakan cinta dari seseorang. Awalnya aku tidak mengerti apakah itu cinta atau tidak. Yang aku tau orang itu selalu memberi apa yang aku pinta. Meski kadang itu terlihat mustahil, namun dia tetap berusaha memberikannya. Bahkan aku sering marah bila dia tidak memberinya atau tidak melakukan apa yang aku minta. Ketika aku marah, aku akan berkata bahwa dia tidak peduli padaku, dia jahat, meski sebenarnya itu hanya untuk menutupi kesalahanku.

Aku yakin dia tau itu, namun dia tak pernah membahasnya. Ketika aku marah atau diam sebagai tanda amarahku maka dia akan tersenyum kemudian memelukku sambil meminta maaf. Lalu di dalam hati aku merasa menang, tapi dia tetap melakukannya dengan tulus aku dapat merasakan itu. 

Dia memang tidak pernah mengatakan seberapa besar cintanya padaku, tapi bukan berarti itu tak ada. Bukankah act speaks louder than word? Harusnya cintaku yang dipertanyakan, bukan cintanya. Waktu tak pernah bohong, waktu yang berjalan telah menunjukkan itu semua.

Aku pernah bertengkar dengannya. Bertengkar sangat hebat yang membuatku pergi meninggalkannya. Saat itu memang aku merasa bahwa dia tak pernah benar-benar menyayangiku. Lama kami terpisah hingga saat langit mempertemukan kami, aku dapat melihat senyum dari matanya yang berkata aku merindukanmu. Mungkin kata-kata itu tertahan di tenggorokannya hingga dia tak mampu berucap. Namun angin mendesirkan semua kalimat itu. Baiklah, mungkin aku mengada-ada. Itu adalah kata-kata dari dalam otakku yang bergemuruh ditelingaku.

Aku merindukannya, aku rindu saat dia memelukku, aku rindu saat dia tersenyum ketika aku marah. Cintanya tak pernah pudar untukku, selalu sama seperti sebelum aku meninggalkannya. Dia tetap menerimaku seolah tak pernah terjadi apa-apa. Ya, cinta tak bersyarat yang ku terima darinya. Cinta yang tak terbatas yang hanya darinya. Cinta yang tak pernah berharap apapun kecuali kebahagiaanku.

Cinta ini akan aku simpan dalam hati, dan aku akan memberikan cinta yang seperti ini untuk orang lain. Cinta ini patut ku tiru dan ku teladani. Cinta ini akan aku sematkan dalam hati anak-anakku nanti. Karna nanti aku akan menjadi seperti dia, seorang Ibu.

Ibu terimakasih untuk cintamu yang tak bersyarat, tak terbatas dan cinta yang mungkin tak dapat ku balas..

Tuesday, December 30, 2014

Resolusi Doea Reeboe Leema BeiLash

Menjelang di penutupan Tahun 2014, Mari kita me-listdown hal-hal yang pengen kita capai di 2015 nanti. Selama 1 tahun / 2Semester / 4 Quarter / 12 bulan / 52 minggu / 365 hari / 8760 jam / 525,600 menit / 31,536,000 detik. Wow, ternyata tahun depan itu panjang banget waktunya. dalam tiap detik kita bisa melakukan satu hal. Tapi mari kita bayangkan tentang apa yang benar-benar kita ingin capai.

Karna kita begitu banyak waktu untuk tahun depan, maka buat juga resolusi sebanyak mungkin yang bisa kita capai. Let's Start...

  1. Start the day with morning worship (daily). *wajib ini*
  2. Start the night with evening worship (daily). *wajib ini*
  3. Berdoa sebelum tidur dan setelah bangun. Pas mau berangkat kemana2 juga. 
  4. Follow the Bible (every day). *wajib ini*
  5. Kenalan sama orang baru. Min 1 tiap bulan. *Supaya temennya nambah*
  6. Gak terlambat datang ke gereja. *meneruskan kebiasaan lama*
  7. Gak telat dateng ke kantor. *supaya PBC nya bisa tercapai*
  8. Kerjaan kantornya harus beres tepat waktu. *cemangkaahh*
  9. Punya "pacar"...*Semoga terwujud*
  10. Olahraga yang rutin supaya sehat. ==> alibinya sih gitu padahal maksudnya diet... :D :D :D 
  11. Sikat gigi rutin di kantor yang berarti : "Gak Ngemil di Antara Jam Makan" ==> nyambung ke no 10 nih.. Hehehe
  12. Nabung buat nikah.. *Hohohoho*
  13. Harus Baca 6 Buku buat tahun 2015. (supaya nambah pengetahuan. Boleh Novel, buku umum, yang penting komik gak masuk hitungan)
  14. Harus nge-posting minimal 10 setiap bulan. *biar blognya aktif kan udah dibayar*
  15. Harus bisa berubah dari kelakuan yang satu itu, yang tak bisa disebutkan.
  16. Belajar untuk minta maaf dan memaafkan.
  17. Belajar masak makanan berat gak cuma makanan ala kadarnya.
  18. Belajar makan yang mentah. *mungkin ini paling berat*
  19. Bangun Jam 5 pagi, meskipun hari libur.
  20. Bikin kreasi sendiri. Jadilah Kreatif Gitch!!
  21. Punya gitar sendiri. *biar bisa belajar gitar, biar bisa dibawa pelayanan*
  22. Latihan main Piano dan cara baca not yang baik dan mengartikannya ke piano. *biar bisa jadi pianis Cilpraise.. hehehe*
  23. Punya album foto hardcover. Foto selfie / foto diri sendiri.
  24. Rutin ikut English club.
  25. Melakukan 25 kebaikan di bulan February. 
Yaap.. itu adalah 25 hal yang perlu di capai di tahun 2015. Kenapa 25? karna tahun depan adalah ulang tahun gw yang ke 25. Sudah beranjak tua memang, tapi that's life. Bukan tuanya yang dipikirkan, tapi tingkat kematangannya yang perlu kita ingat.*if you know what i mean*.

Jadi apa resolusi kalian?

Friday, December 26, 2014

Dua-Ribu-Empat-Belas

Mari kita mereview apa yang telah terjadi di tahun 2014.. Tahun lalu, gw gak bikin resolusi yang ingin di capai untuk tahun 2014.

January : Di awal tahun ini, gw menghabiskan waktu gw di bandung. Gw inget banget, izin cuma sehari ke bandung sama si Bos, eh malah keterusan ampe 2 hari gitu. Pokoknya ini liburan panjang di Bandung. Kemudian akhir bulan juga gw kebandung lagi.

February : Moment yang paling gw inget adalah dikantor ampe malam buat bikin video anniversarry 2 tahun. Trus tanggal 25 nya, gw cuti untuk masak bakso buat makan malam habis latihan choir malamnya. Yeah, to celebrate my Birthday. I got new scarf and hand Bag from Officemate.

March : He ended our relationship. I thought this is the end of everything. It's such a bad sucks news for me. Gak nafsu makan, galau dikantor dan semua nanyain. Bawaannya pengen nangis terus. Worse Month, I think. Disini juga ada acara Slapur. This is the first time for me to join the IKASLAP.

April : Start this month with watching "The Raid 2" with churchmate. Has a new phone, new hair. Oia, di bulan ini juga ngerasain touring seharian. Ke Curug Bidadari, Jungle Land kemudian Kebun Raya Bogor naik motor. Pengen lagi doonnkk...

May : Trus di bulan ini juga pertama kalinya nginep di Rumah Coach Sona, sambil gila2an semalam dan bikin video Harlem shake bareng ama Bang Tian, David, Lericha, Shanney.
Kemudian jalan-jalan di Taman Tebet sambil olahraga terus menikmati nasi uduk deket situ. Pindahan ke rumah baru tapi setelah itu disini rumah kami langsung kemalingan dan kehilang beberapa barang termasuk tas yang adalah hadiah ulang tahun gw. *sedih..sedih banget* Bulan ini juga banyak acara sih, kaya ikut survey ke Anyer. Sambil makan enak. :)
Trus bulan ini juga dadakan pergi ke Bandung buat ikut acara wisudaan.

June : Di awal bulan ini gw jalan2 ke TMII punya beberapa foto, untung ada yang di upload ada kenangan. Nah disini, baru punya handphone eh ilang sebelun pergi ke Slapur. Akhirnya disana gak bisa fotoan deh. Dan di bulan ini juga akhirnya bisa kembali kesana setelah terkahir tahun 2009. So glad for being home. Ketemu temen-temen lama dan ade2 beserta abang2 yang udah lama berpisah. Look so different. Everybody's change. Trus bulan ini di traktir makan ama Ka Boaz. Mengenang masa lalu di Slapur, di Slapur kan gw gak pernah di traktir cuma dikasih makanan extra dining. Hehehehe

July : Ikutan kampanye secara OL untuk Jokowi - JK. Pengen ikutan nyoblos, tapi gak bisa. Trus ikutan retreat gereja ke Anyer dan kehilangan kacamata yang akhirnya maksa untuk pake softlens (karna males bikin kacamata). Reunian sama anak Slapur 2007 ketemuan sama anaknya Audrey. She's so cute. Dan bertambahnya anggota finance serta berkurangnya team kami karna ada yang masuk ke HR. Dibulan ini juga bulan dramatis telponan ampe malam, ampe ketiduran, Nge dongengin orang dan libur panjang penuh kisah deh bulan ini.

Agustus : Bulan ini rambut baru lagi, tapi lebih keren. Terus jalan2 ke Bandung lagi, karna disini lagi memulai kisah cinta yang baru jadi dengan orang baru juga ke Bandungnya. Gak tidur sampe jam 3 pagi hanya demi liat bintang yang ternyata gak bisa di liat juga. Jalan-jalan ke punclut demi makan jagung bakar doank. Meeting ke BSD eh, ketemu anak kecil yang bernama Diadrey. Anak ini lucunya sangat meski terlihat pendiam, tapi sebenernya dia mau. Trus akhir bulan dilanjutkan dengan perjalanan ke Slapur again.

September : Bulan ini seperti bulan patah hati, hati yang baru berbunga-bunga langsung tersakiti. Bulan ini gak banyak moment besar yang bisa gw inget kecuali jus tumpah tepat di seperempat dari rok kantor gw. Untungnya udah pulang kantor. Jadi gak masalah...

October : Bulan ini lagi hot2nya belajar bikin stop motion. Semua aplikasi di download. Bahkan aplikasi yang gak penting juga, intinya ada hubungannya meski dikit. DI bulan ini juga ngerasain yang namanya makan gratis ampe puas dr Pak Jokowi kemudian desek2an di jalan raya hanya untuk melihat Bapak Presiden lewat.

November : Tapi bulan ini di awali dengan berangkat ke Slapur dulu, mengurusi acara Konser Slapur untuk Desember. Setelah Dua bulan sempat patah hati sepertinya di bulan ini mulai cerah. Dengan perjalanan ke Ciranjang. Benar-benar untuk refreshing. Serta dengan waktu yang semakin mepet untuk acara konser ini, jadi semua udah pake stress.

December : Bulan yang di nanti, acara konser, akhir tahun dan akhir dari semua penantian ada di bulan ini. Bulan ini masih berjalan, tapi banyak hal yang udah dilakukan. Dari pelayanan Slapur ke gereja-gereja, pelayanan alumnusnya sendiri, konser, ke waterboom CIkarang bareng ama anak Slapur dan lalin-lain.

Tahun ini gak cuma kebahagian yang gw rasain, tapi banyak juga kesenduan dalam tahun ini. Yah, there will no a perfect year with happiness only. Akan selalu ada sedih setiap hari yang mengincar. Akan selalu ada luka setiap hari yang mengintip. Namun kebahagian tak pernah terlambat untuk mengusir sendu, mengusir tangis dan menggantikan mereka yang lukain hati.

Tahun 2015 sudah di depan mata, akan banyak hal menanti. Tapi apapun yang terjadi nanti gw siap menyambut tahun baru. :) :)


Tuesday, December 2, 2014

Tips untuk Ngerasa "Keren" a.k.a "Pede"

"Pernah ngerasa gak nyaman sama diri sendiri?"
"Pernah ngerasa gak keren?"
"Pernah ngerasa gak menarik?"

Itu artinya gak percaya sama diri sendiri. Setiap orang di ciptakan Perfect! Semua Tuhan ciptakan indah. Every little things is perfect and it's beautiful! Jangan ngerasa rendah diri dengan diri sendiri. 

Baiklah, memang ngasih tau lebih gampang daripada ngelakuin. Tapi ini juga masuk dalam pengalaman gw sendiri. Gw pernah ngerasa gak bisa punya pacar karna menurut gw, gw gak menarik. Gw berusaha menjadi seperti orang lain supaya gw kelihatan keren. Nyatanya gak berhasil dengan cara itu. Maka jadilah dirimu sendiri supaya bisa kelihatan keren di depan orang banyak dan bahkan lebih percaya diri.

Sekarang gimana caranya supaya kita bisa menghargai diri sendiri dan bangga sama diri sendiri? Ini tipsnya : 

Kita mulai dari no 10 :
10 . Jagalah Penampilanmu -  Cuma kamu yang bisa ngelakuin ini. Jangan berpenampilan gak nyambung. Pakailah pakaian yang bikin kita nyaman bukan karna mahal ato karna lagi in.
9. Senyum donk! - Dunia perlu senyum dari kita semua. Percaya deh gak ada yang lebih gampang buat kenalan sama orang selain kita senyum sama orang lain. Lagipula, kata nyokap gw, dengan senyum bisa bikin kita tambah cantik/ganteng. Coba nanti pas bangun tidur ngaca sambil senyum pasti bikin kita jadi semangat.
8. Jangan duduk-duduk aja, Ayo olahraga - Yap.. ini adalah hal yang paling susah. Bangun pagi ngalahin rasa ngantuk trus olahraga. Tapi tau gak khasiatnya dahsyat loh. Kita jadi lebih sehat, lebih segar waktu pagi hari. Kita jadi gak cepet laper, kita jadi lebih semangat. Dan yang pasti bisa bikin badan kita lebih ideal. Gak percayaa? Silahkan coba selama 21 hari. :)
7. Jangan mau jadi populer dengan menghina orang lain. - Oke ini berhubungan sama mental kita. Ketika kita menjadi pembawa berita "buruk" orang lain, memang orang banyak akan mengenal kita. Tapi efek itu bukan jadi yang baik. Orang justru gak mau lagi bergaul sama kita dan kita gak akan pernah kelihatan keren di depan orang lain. Apalagi kalo lagi pedekate sama gebetan, sebaiknya jangan ngelakuin hal ini.
6. Jadilah dirimu sendiri, jangan tiru gaya orang - Nah this is the best part. Gak usah jadi orang lain supaya keren. Jadi diri sendiri senyaman mungkin. Tapi ingat jadi diri sendiri bukan berarti gak menjaga penampilanmu. Jangan sampe kita malah ngerasa nyaman tapi sebenarnya kita salah tempat atau salah kostum.
5. Jaga diri baik-baik, ingat kamu adalah buatan tangan Allah - Maksudnya, gak perlu sampe ngerusak kesehatan untuk jadi keren. Atau gak perlu ikut-ikutan orang banyak untuk bisa di anggap gaul. Jangan sampai supaya di anggap gaul atau keren kita malah mencelakakan diri sendiri malah ngerusak tubuh sendiri. Ingat, kita ini ciptaan Tuhan yang paling sempurna.
4. Jangan pusatkan perhatian pada diri sendiri - Misalnya temen kita lagi dapet promosi jabatan, yah jangan sirik. Mari kita rayakan karna supaya tetap keren itu gak egois, gak cuma mikirin diri sendiri dan kepentingan sendiri. Kita kan mahluk sosial.
3. Jangan banyak makan - makanan manis, minum air yang banyak - Ini sama dengan poin no 10,8 dan 5. Ingat kita juga harus bisa jaga tubuh kita. Segala sesuatu yang berlebihan pasti gak bagus. Mari hidup sehat biar tetap tampil keren.
2. Tidur secukupnya. Bergadang malam membuat kamu tak produktif dan sistim kekebalan tubuhmu menjadi lemah - Nah menjaga tubuh itu penting karna dengan menjaga tubuh tetap sehat maka pikiran juga akan sehat dan mental kita pun menjadi lebih baik lagi.
1. Cobalah mengenal Dia yang menciptakanmu - "sebab permulaan pengetahuan adalah takut akan Allah." Jadi selain yang 9 hal di atas, yang terpenting adalah penting nya menjaga hubungan dengan pencipta kita. Ketika kita bergaul dengan Tuhan, maka kita akan menerima diri kita sendir, kita akan menjaga diri kita sendiri dan juga kita akan lebih percaya pada diri sendiri.

Jadi, Intinya adalah untuk menjadi keren dan percaya diri kita harus menjaga 3 keseimbangan dalam diri kita "Mental - Sosial - Jasmani" mari kita coba ke 10 hal di atas supaya kita bisa ngerasa keren dan bangga sama diri sendiri. Ketika kita sudah percaya diri, maka kita akan lebih yakin dalam menjalani hidup.

Mari hidup dengan percaya diri dan mari hidup "Keren".


Refrensi : #BookOfHope

Monday, December 1, 2014

Bandung



Bandung gak sekedar sebuah kota buatku. Dia berikan aku banyak hal untuk aku kenang. Semua kenanganku dengan bandung tidak hanya dengan logika, namun dia melibatkan perasaan. Kenangan yang terukir dalam hati ini tentangnya begitu membekas. Kesalahanku adalah melibatkan perasaan ketika aku disana. Hingga semua terasa terendap dalam pikiran. Aku memulai kisah cintaku disana. Dari cinta kecil sampai aku beranjak dewasa.

Kisah cinta yang tanpa sengaja, kisah cinta yang harus aku bangun dari bawah, kisah cinta yang tak pernah aku harapkan, kisah cinta bertepuk sebelah tangan dan kisah cinta yang aku bawa ke Jakarta aku ciptakan disana.

Kisah cinta kecil bersama seorang bocah yang menjadi teman baikku dan teman sepermainanku. Kemesraan kami saat itu aku rasakan begitu dalam. Namun kami saja hanya sebatas anak kecil. Dan kisah itu tak berlanjut ketika kami terpisah. Dan tiap hal yang kami lakukan berdua masih membekas di dalam hatiku.

Kisah cinta yang aku bangun dari bawah ketika aku baru saja bertemu dengannya, kemudian berkenalan tanpa ada rasa sedikitpun. Rasa itu aku susun dari dasarnya hingga rasa itu berkembang, namun sayang rasa itu berkembang terlalu cepat hingga dia mampu hadapai goncangan. Hingga akhirnya di mati dan meninggalkan jejak dalam batin.

Kisah cinta yang tak pernah aku harapkan karna pada dasarnya memang bukan dia yang ku inginkan. Hanya saja situasi memaksaku untuk mencintai dia. Dan memang apapun yang dipaksakan takkan pernah berhasil dengan baik. Pada akhirnya cinta itu rusak dan tak bertumbuh menjadi apapun.

Kisah cinta bertepuk sebelah tangan memang sering terjadi, ketika aku mencintainya dan dia mencintai orang lain sehingga rasaku tak berbalas. Setiap orang mungkin pernah merasakannya, yah di Bandung ku alami kisah cinta seperti ini. Lalu hidup harus berjalan terus, ketika cinta tak berbalas, berarti ada cinta lain yang seharusnya kau lihat. Maka aku beralih mencari cinta yang juga memandangku.

Kisah cinta yang aku bawa ke Jakarta, kisah cinta terakhirku di Bandung. Kisah tentang perasaan yang selalu membuatku tak rela meninggalkan Bandung. Perasaan ini aku ukir perlahan, dari hanya sebuah goretan hingga menjadi sebuah maha karya. Kisah cinta ini memberiku makna akan pertemuan dalam perpisahan. Aku berpisah namun aku bertemu dengannya. Hingga perpisahan itu terasa tak begitu menyakitkan. Karna aku akan kembali menemui dia yang aku kenal ditempat yang telah aku tinggalkan. 

Mungkin memang itu bukan kisah yang terakhir dalam hidup ku saat ini. Pencarian itu belum selesai. Namun pencarian di Kota Bandung telah selesai. Bandung memberiku banyak alasan untuk kembali kesana. Bandung memberiku banyak hal untuk aku ingat dan kenang. Bandung memberiku banyak kesan untuk aku ceritakan pada mereka. 

Bandung, bukan hanya sekedar letak Geografis, tapi lebih dari itu.. Ia melibatkan perasaan. Perasaanku tentang cinta di Kota kenangan itu tak akan pernah hilang jejaknya dalam hati.
Bandung dan hanya Bandung.