Welcome..!!!

Welcome To Gitche Yanti Malayani's Blog - Don't Forget to Comment And Share

Monday, June 30, 2014

GAK USAH MINTA MAAF!!

Terkadang mengakui kesalahan sendiri adalah hal yang paling sulit dilakukan. Oleh karna itu sering kita berkata :
         "Aku gak bisa tau salahku apa, makanya kasih tau kalo aku salah.."

Lalu sekarang pertanyaannya adalah sebesar apa hatimu untuk menerima kritikan atas kesalahan kita dari orang lain? Gw yakin itu juga sama sulitnya dengan mengakui kesalahan diri sendiri. Sehingga yang terjadi adalah penolakan atas "tuduhan" orang lain.

Karna ketika orang lain mengatakan bahwa itu salah sedangkan kita justru sedang menikmati kesalahan itu, maka kita akan berusaha untuk berdalih dan membenarkan diri sendiri. Dan berusaha membuat ini menjadi benar, bukan sesuatu yang salah. Kita akan berusaha berkompromi dengan kesalahan tersebut.


Kemudian biasanya kita akan mempersalahkan orang yang berkata bahwa kita salah. Kita akan menganggap dia orang yang ingin ikut campur urusan kita. Dia orang yang sok suci. Bahkan sering kali rasa benci akan menguasai dalam situasi ini. Dan akhirnya, apapun yang dia katakan kita akan tetap berpikir negatif terhadap orang itu.


Mengakui kesalahan bukanlah sekedar ucapan :
      "Oke, gw yang salah.. gw minta maaf.." atau
      "Iya, semuanya emang salah gw, dan lo yang bener.." atau
      "Yaudah, gw ngalah, gw yang salah.. "

Tapi, lebih dari itu. Mengakui kesalahan adalah mengatakan pada diri sendiri bahwa kita telah salah. Mengakui kesalahan adalah kita dapat menjabarkan apa yang salah dari yang kita lakukan. Kita sadar bahwa kita telah menyimpang dari jalan yang seharusnya.

Biasanya kita akan sering langsung berkata "gw yang salah, gw minta maaf.." agar pembahasan tersebut segera berakhir. Namun ketika kita di tanya balik : "Emang salah lo dimananya?". Dan kemudian kita terdiam. Saat seperti ini lah, berarti mengakui kesalahan ato mengaku kita salah hanyalah sekedar ucapan.


Jangan minta maaf atau berkata itu kesalah kita kalau kita tidak benar-benar tau apa salah kita. Saat kita dari dalam hati kita telah sadar bahwa kita salah, maka saat orang lain berkata kita salah pun, bukan lah menjadi hal yang menyakitkan. Itu akan memicu kita untuk menjadi benar lagi.

Jadi, Never say SORRY if you DON'T know what is WRONG.


No comments:

Post a Comment

Leave your comment here..^^