Welcome..!!!

Welcome To Gitche Yanti Malayani's Blog - Don't Forget to Comment And Share

Monday, June 30, 2014

GAK USAH MINTA MAAF!!

Terkadang mengakui kesalahan sendiri adalah hal yang paling sulit dilakukan. Oleh karna itu sering kita berkata :
         "Aku gak bisa tau salahku apa, makanya kasih tau kalo aku salah.."

Lalu sekarang pertanyaannya adalah sebesar apa hatimu untuk menerima kritikan atas kesalahan kita dari orang lain? Gw yakin itu juga sama sulitnya dengan mengakui kesalahan diri sendiri. Sehingga yang terjadi adalah penolakan atas "tuduhan" orang lain.

Karna ketika orang lain mengatakan bahwa itu salah sedangkan kita justru sedang menikmati kesalahan itu, maka kita akan berusaha untuk berdalih dan membenarkan diri sendiri. Dan berusaha membuat ini menjadi benar, bukan sesuatu yang salah. Kita akan berusaha berkompromi dengan kesalahan tersebut.


Kemudian biasanya kita akan mempersalahkan orang yang berkata bahwa kita salah. Kita akan menganggap dia orang yang ingin ikut campur urusan kita. Dia orang yang sok suci. Bahkan sering kali rasa benci akan menguasai dalam situasi ini. Dan akhirnya, apapun yang dia katakan kita akan tetap berpikir negatif terhadap orang itu.


Mengakui kesalahan bukanlah sekedar ucapan :
      "Oke, gw yang salah.. gw minta maaf.." atau
      "Iya, semuanya emang salah gw, dan lo yang bener.." atau
      "Yaudah, gw ngalah, gw yang salah.. "

Tapi, lebih dari itu. Mengakui kesalahan adalah mengatakan pada diri sendiri bahwa kita telah salah. Mengakui kesalahan adalah kita dapat menjabarkan apa yang salah dari yang kita lakukan. Kita sadar bahwa kita telah menyimpang dari jalan yang seharusnya.

Biasanya kita akan sering langsung berkata "gw yang salah, gw minta maaf.." agar pembahasan tersebut segera berakhir. Namun ketika kita di tanya balik : "Emang salah lo dimananya?". Dan kemudian kita terdiam. Saat seperti ini lah, berarti mengakui kesalahan ato mengaku kita salah hanyalah sekedar ucapan.


Jangan minta maaf atau berkata itu kesalah kita kalau kita tidak benar-benar tau apa salah kita. Saat kita dari dalam hati kita telah sadar bahwa kita salah, maka saat orang lain berkata kita salah pun, bukan lah menjadi hal yang menyakitkan. Itu akan memicu kita untuk menjadi benar lagi.

Jadi, Never say SORRY if you DON'T know what is WRONG.


Thursday, June 26, 2014

Boaz Elisa Zebedeus

Waktu itu gw masih kelas 2 SMP, anak baru pindahan di sebuah sekolah yang namanya "Sekolah Lanjutan Advent Purwodadi (SLAPur) atau East Java Academy"

Dan yang mau gw ceritain bukan tentang Sekolah gw tercinta itu, tapi tentang kisah yang terjadi disana. Gw yang masih tergolong bocah, punya kesempatan buat kenal ama beberapa senior disitu. Yah, ngerasa beruntung aja bisa tau, kenal dan deket ama senior. Apalagi kalo bisa punya relationship ama senior.

Lalu, entah gimana gw bisa kenalan tapi akhirnya gw punya kaka2an yang resmi (pake tanggal jadian waktu itu). He is my first sibling at Slapur..
Bangga? Ya iyahlah.. Jelas aja gw bangga. Punya sibling di SLapur itu tuh termasuk hal yang membanggakan. Ada yang bisa jadi pembela, bisa juga jadi temen pulang kalo dari gereja, temen makan siang bareng kalo Sabtu, ada yang kasih meth2an (surat, makanan extranya dining, oleh2 kalo pas hari kluar etc.) 

Jadi ke untungannya banyak. Hehehe.. Awalnya gw seneng banget pas bisa punya kaka cowo di Slapur. Kan gw anak baru dan bener2 baru, jadi bener-bener baru memulai semuanya disitu. Oia, hal yang gw inget dari kaka yang satu ini adalah pas lagi jam makan siang di satu hari sekolah. Nah kalo kami itu (tapi ini duluuuu..) jam 12.15 adalah jam makan siang dan istirahat. Setelah jam makan siang kami wajib masuk ke asrama, karna asrama akan dikunci dan wajib istirahat. Lalu jam setengah dua lewat dikit kami lanjut kelas lagi sampe jam 3. 

 Tapi bukan ini yang mau gw ceritain.  Nah pas dikelas sebelum makan siang, gw udah bikin meth2an dari kertas buat kaka gw ini. Udah gw lipet bagus dan niatnya dikasih pas jam makan siang. Begitu selesai kelas, gw langsung ke dinning (oia, dinning itu sebutan untuk tempat kami makan) dan kebetulan banget pas gw masuk dia lagi deket pintu, akhirnya gw kasih lah hasil karya gw itu. Gw lupa isinya tapi paling juga kalo gak "Have a nice day kaka.." ato gak "be a good brother for me yah.." ato gak "Keep Smile kaka" , yah itulah alay-alaynya kami waktu di Slapur. Hahahah.. Sekedar Info, dari sekian banyak meth2an yang gw terima waktu gw disana (secara gw 5 tahun disitu) hanya beberapa yang bisa diselamatkan (sekitar 1 binder sedanglah), dan tiap kali gw baca isinya, gw langsung sadar betapa alaynya kami dulu. Gak penting isinya, beneran deh. Isinya tuh standart kaya gitu. Tapi memang isinya gak penting, yang penting itu harga diri seolah keangkat tiap kali dapet meth2an, apalagi kalo dapet dari kaka/ade kelas yang paling eksis. Okeh, kembali ke makan siang, jadi ketika gw udah ngasih meth2an itu, gw dikasih meth2an balik. Apa itu?? Itu adalah menu extra siang itu. Satu buah Mangga Utuh (gw gak tau apa dulu si kaka menyesal ato gak ngasih itu ke gw..). Seperti yang gw bilang tadi, meth2an itu naikin harga diri. Setelah itu gw balik ke temen2 gw dan pamerin mangga yang baru aja gw dapet dari kaka tersayang saat itu.

Momen lain yang inget adalah dulu itu gw termasuk anak yang rajin *kalo lagi mood*. Dan gw sering banget bantuin temen gw namanya Diana (entah dimana dia sekarang) bersiin kelas. meski itu adalah kerjaan nya dia (dan dia dibayar) , tapi gw suka bantuin dia. Trus waktu gw lagi bersiin jendela, tiba2 kaka gw lewat, sambil lewat dia megang kepala gw. Mungkin saat itu muka gw merah karna si Diana ini langsung nge-ceng2in gw. "cieehh gitche, yang kakanya baru lewat.." . Yah kira2 kaya gitu lah.. itu udah 11 tahun yang lalu. Tapi bangga juga donk yang di sapa ama senior. anak SMP, anak baru, di sapa ama anak senior SMA yang bentar lagi udah mau kuliah. Bangga kan?? Dan cuma diSlapur yang bisa ngerasain perasaan kaya gitu.

Pernah juga gw pulang bareng ama dia abis gereja, *lebih tepatnya nganter*. Dan waktu kami jalan dia tanya, "ade kemaren nangis yah??? kenapa? katanya kangen ama kaka yah?".
Siiip. Siapa yang bocorin ini.. itulah kata2 dalam hati gw saat itu. Padahal sebenernya saat itu, gw nangis karna sebel sama anak dikelas. (ehh...setelah 11 tahun yang lalu, mungkin baru skaranglah alasan sebenernya terungkap.) Tapi, yah ada hubungannya juga. Karna gw lagi sebel dan gak ada orang yang bisa belain gw saat itu, soalnya si kaka lagi balik ke Jakarta.

Hingga di satu hari yang lagi ujan, gw dan teman2 gw sedang menikmati hujan tersebut sampai hujannya reda, lewat lah kaka gw ini. Dengan berkacak pinggang dia ngeliatin gw sambil geleng2 kepala. Alhasil, setelah saat itu, gw di diemin. Gw gak tau salah gw apa. Apa main hujan itu ternyata salah ato entah apalah, tp gw bener2 gak ngerti. Sampai dia lulus kami gak pernah ngomongan lagi.

Akhirnya waktu berjalan begitu cepat, gw jadi anak SMA, dan pernah gw ngeliat dia di Jakarta pas hari Sabtu, pengen nyapa tapi gw takut karna yah itu, kejadian hujan itu. Gw lupa apakah gw jadi nyapa dia ato gak saat itu. Lalu ketika gw kuliah, kami temenan di FB, sampai ketika gw udah lulus kuliah, baru kami pernah ngobrol sebentar di chat FB. Sekarang?? Sekarang kami udah baik2 aja, kami juga sering ngobrol di chat. Hal yang gw takutin ketika kami chat adalah suasan kami ngobrol akan beda sama suasana waktu kami ketemu. Dan pada waktu kami ketemu, awalnya memang agak sedikit canggung dari gw, tapi lama kelamaan udah biasa aja. Dan back to the feeling at school. Maksudnya sama seperti suasana dulu, bisa minta di belain, bisa minta meth2an (menu extra makan siang) bahkan sekarang bisa minta ditraktir. Hahahaha *becanda kalo yang ini..* 

Eh, ada satu lagi, sekarang si kaka udah nikah, dia udah punya anak cowo 1, dan bocoran sekarang istrinya juga lagi hamil kabarnya sih anak kembar. Mudah2an kembarnya cewe ama cowo. Kan sweet tuh punya anak kembar cewe ama cowo. Best wish deh buat kaka. Semoga selalu dan tambah deket sama Tuhan. :) :)

Gw sih pengen kasih foto pas dia SMA, tapi kayanya itu agak susah nyarinya. Jadi yang ada sekarang adalah foto dia edisi sekarang.

ini foto dulu waktu wisuda, gak tau tahun berapa..
Ini salah satu foto favourite gw. KArna masih agak kurusan dan gaya anaknya lucu.. :)